Tutorial Setting TP-Link CPE220 Menjadi AP Client Router

0
653
setting tp link cpe220
setting tp link cpe220

Pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang product dari TP-Link, tp-link sendiri adalah perusahan yang bergerak dibidang pembuatan hardware network seperti access point indor, access point outdor, router, repeater wirelles usb adapter dan masih banyak lagi. Selain harganya lumayan cukup terjangkau dan juga kualitas tidak kalah baik dengan merk lainya.

Fitur yang dimiliiki oleh CPE 220 ini lumayan sangat banyak yaitu bisa menjadi access point, access point router, repeater dan AP Client router. Pada kali ini kita akan membahas fitur AP Client router. Fungsinya sendiri yaitu menerima sinyal wirelles dari access point orang lain lalu menyalurkan kembali kembali melalui port LAN dan Wirelles.

Langsung saja kita ikuti Tutorial Setting TP-Link CPE220 Menjadi AP Client Router dengan benar dan yang pastinya berhasil.

Alat dan bahan yang dipersiapkan

Pastikan semua alat dan bahan sudah tersedia dan apa saja yang harus dipersiapkan yaitu :

  1. 1 Buah TP-Link CPE 220
  2. 2 Buah kabel UTP
  3. 1 Buah Laptop atau Komputer

Siapkan 1 buah TP-Link CPE220, 2 buah Kabel UTP dan Laptop atau komputer
Pasang kabel pada port POE ke TP-Link CPE220, dan kabel pada port LAN pasang ke Laptop atau Komputer, topologinya seperti gambar berikut :

Cara Pasang POE dan LAN di CPE 220
Cara Pasang POE dan LAN di CPE 220

Settip ip pada laptop atau komputer kalian sesuai dengan ip tp-link menggunakan ip kelas c dengan network 192.168.0.100, untuk mengakses konfigurasi wirelless cpe 220 harus memasukkan ip 192.168.0.254 pada browser kalian

setting ip komputer
setting ip komputer

Jika kalian sudah memasukkan ip 192.168.0.254 pada browser kalian makan akan terbuka laman tp-link, selanjutnya kita akan diminta menginput user name, password, region, dan bahasa yang diinginkan, jika sudah diisi semua maka centang Terms Of Use lalu.

setting username dan password cpe220
setting username dan password cpe220

Note
username : admin
password : admin
Region : Test_Mode ( mengapa test_mode,? karena pada mode ini memungkinkan perangkat untuk mendeteksi semua frekwensi yang ada di sekitar jangkauan perangkat cpe220 )

Sekarang kalian ubah username atau password nya dengan keinginan kalian jika sudah klik Finish.

Change password cpe 220
Change password cpe 220

Sekarang kalian ubah Operation Mode menjadi AP Client Router, selanjutnya pada bagian wireless client settings klik button survey dan nanti akan muncul pop up yang akan menampilkan Nama SSID atau Nama Wireless yang kalian pilih dan ingin kalian tembak atau disebarluaskan. Selanjutnya kalian pilih button Lock to AP.
Password isi sesuai dengan password wireless yang kalian pilih, jangan lupa di klik apply pada bagian pojok kanan bawah.

Setting Wirelles CPE 220
Setting Wirelles CPE 220
Pilih BSSID/ Wireless
Pilih BSSID/ Wireless

Sekarang kita setting WAN nya connection type disini saya memilih static karena saya sudah tau ip yang digunakan Access point yang telah kita lock, jika kalian nembak wifi seperti wifi id atau wifi yang tidak kalian tau ip nya lebih baik pilih dynamic.

Setting Network pada CPE 220
Setting Network pada CPE 220

Bagian LAN kalian pilih statc, ip bebas sesuai yang ingin kalian gunakan, IGMP Proxy dan DHCP Server jangan lupa di centang. Jika kalian ingin memanajemen user kalian ubah range start ip dan end ip address sesuai kebutuhan kalian. Jika sudah jangan lupa di klik Apply.

Setting LAN pada CPE 220
Setting LAN pada CPE 220

Selamat anda berhasil setting cpe 220 menjadi ap client router, semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam setting sebuah access point cpe 220.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here